Di Kala Ditinggal Anak…


suhada palistina

suhada palistina

Bagaimana jika suatu saat Anda kehilangan anak? Menangis, histeris, pingsan, atau mau apa lagi? Saya, terus terang, tidak pernah mau membayangkan itu. Pasti sangat berat.

Dalam tahun ini, saya takziah dua orang teman yang sama-sama kehilangan anak. Satu teman kuliah, satu lagi teman di kantor lama. Kedua teman ini, sama-sama kehilangan anak laki-laki. Teman yang pertama kehilangan anak setelah terlambat membawa anaknya ke dokter, hingga penyakit demam berdarah merenggut anaknya. Teman yang kedua, kehilangan anak yang meninggal akibat kecelakaan mobil yang ditumpanginya.

Reaksi teman yang pertama, dia tidak pingsan. Tetapi lemas, dan menangis sesenggukan. Saat saya datang bersama istri, dia masih kelihatan sangat terpukul. “Kok kita ketemu di saat yang begini ya?” kata teman saya. Kami memang berulang janji untuk ketemu, dan belum ada satu pun janji yang terealisasi. Teman yang kedua, saya menyampaikan belasungkawa dia tak menjawab. Teramat sedih. Kabarnya, sehari itu teman yang kedua ini tiga kali pingsan karena sangat terpukul atas kepergian anak pertamanya.

Hari Senin kemarin, saya kembali takziah ke rumah teman yang kehilangan anak. Kali ini, anak yang meninggal masih dalam kandungan. Bukan keguguran, karena bayi telah berumur sembilan bulan lebih. Dokter menduga, air ketuban keburu pecah, dan si bayi menelannya. Akhirnya si anak harus dikeluarkan dengan cara dioperasi. Bagaimana dengan si bapak? Dia lebih tegar. Teman ini, punya empat anak, dan yang meninggal itu adalah anak yang kelima. Yang menangis jutru tetangganya.

Saat saya menyampaikan belasungkawa, meski tampak murung, dia tampak tabah. “Terima kasih Pak,” kata teman main tenis ini. Dia juga tampak tabah saat harus menggendong jenazah bayi sejak dari rumah sakit ke rumah, dan dari rumah ke makam. Dia tidak sedikit pun tampak ingin histeris, ingin menangis terus. Padahal, dia harus menunggu sehari semalam bayi di dalam rahim istrinya. Sejak Minggu pagi, dokter sudah memvonis janin anaknya meninggal, tetapi Senin pagi pula baru dioperasi (semata-mata hanya dengan alasan dokter sedang libur!).

Ketiga teman saya ini, semua lelaki. Reaksi mereka saat menghadapi musibah itu juga berbeda dengan perempuan. Teman pertama, istrinya justru yang lebih tegar. Tidak sampai lunglai, dan kehilangan semangat untuk hidup. Teman kedua, saya tidak bisa membandingkan dengan istrinya. Teman ketiga, juga demikian.

Jika saya yang diperlakukan seperti itu, mungkin sudah ada meja yang terlempar atau jendela yang pecah karena jengkel. Tapi, kawan ini tetap kalem, tenang. Dia melayani tetamu dengan senyum. Bahkan beberapa kali dia tampak tertawa, seperti tak sedang dilanda duka.

Tapi, ada seorang wanita yang sangat sabar, sangat tenang, ketika menghadapi kondisi seperti itu. Tersebutlah Umu Sulaim. Suatu hari, anaknya panas. Saat suaminya akan pergi (Abu Tholhah) mencari ma’isah (penghidupan), si anak sedang panas luar biasa. Menjelang malam, anak mereka meninggal.

Umu Sulaim meminta kepada kerabatnya jangan memberitahukan kepada Abu Thalhah, tentang kematian anaknya itu. “Biar aku saja yang memberi tahu,” katanya. Ketika Abu Thalhah pulan, tentu dia bertanya kondisi anaknya. Bagaimana anak kita? “Sudah lebih tenang,” kata Umi Sulaim . Dia tidak berbohong bukan?

Maka, sebagai istri yang baik, maka dia pun melayani suaminya. Menghangatkan air untuk mandi, menyiapkan minuman hangat, dan juga makan malam. Malam itu, Umu Sulaim sengaja dandan yang manis. Setelah makan malam, ngobrol ke sana ke mari, maka mereka pun akhirnya tidur.

Abu Thalhah pun melaksanakan tugas sebagai suami yang baik. Ia melayani dandanan istrinya itu dengan hubungan badan yang pasti juga memuaskan. Setelah selesai, dan suami mulai memulihkan tenaga, bertanyalah Umu Sulaim. “Suamiku sayang. Bagaimana pendapatmu, jika ada orang menitipkan barang ke kita, ketika sudah tiba waktunya dia meminta barangnya untuk dikembalikan?”
“Tentu harus di kembalikan,” kata suaminya.
“Tidak boleh marah?” desak istrinya.
“Ya,” jawab suaminya tegas.
“Oke. Anak kita sudah diambil pemiliknya….”

Abu Tholhah melompat dari tempat tidurnya. Dia tampak marah karena tidak diberi tahu sejak awal. Mungkin, di dalam benaknya, dia berpikir begini: ayah macam apa saya ini, anak meninggal tetapi malah bersenang-senang dengan istri!

Abu Thahlah mengadukan masalah ini kepada orang yang sangat dipuji dan disanjungnya. Lelaki itu, membenarkan tindakan istri Tholah. Lelaki itu lantas mendoakan agar apa yang telah dilakukkan suami istri di malam itu menjadi berkah, melahirkan momongan sebagai pelipur bagi keduanya. Sembilan bulan berikutnya, anak mereka lahir, dan diberi nama oleh lelaki pujaan itu Abdullah. Lelaki yang terpuji itu tak lain, Nabi Muhammad Sollalahu Allaihi Wassalam.

Coba, adakah sekarang perempuan yang sedahsyat Umu Sulaim tadi? Sekarang, justru banyak wanita yang kalah tegar dibanding lelaki. Ya, puncak uji kesabaran itu datang ketika pertama kali musibah datang.

69 pemikiran pada “Di Kala Ditinggal Anak…

  1. Yo, ceritamu itu hampir seperti kisah hidupku. Dua tahun lalu, 21 April 2007, anak bungsuku diambil oleh-Nya ketika baru menghirup udara dunia selama 9 jam.

    Aku sudah menyabar-nyabarkan diri. Tapi,tapi sampai sekarang belum bisa juga. Aku paham betul, anak adalah titipan Allah. Namun, tetap saja sampai sekarang aku dilanda kemasygulan, kejengkelan pada nasib, dsb. Aku sering berpikir, Tuhan itu semena-mena.

    Aku masygul karena waktu dalam kandungan, si bungsu kami rawat dengan baik. Tiap minggu periksa ke dokter, makanan bergizi. Namun ada yang alpa: sebulan sebelum istriku melahirkan baru ketahuan bahwa gula darah sewaktu istriku sangat tinggi. Itu kami ketahui justru dari seorang bidan. Bukan dari dokter kandungan yang sering kami datangi.

    Yang menjengkelkan, saat mau melahirkan, dokter masih mau menuruti kemauan istriku untuk lahir normal tanpa caesar. Padahal, si dokter sudah tahu bahwa anakku sangat besar dan tak mungkin bisa lahir normal.

    Dengan setengah marah saya minta dokter untuk segera siapkan operasi. Pada detik-detik itulah aku merasa ditipu oleh tim operasi. Saat istriku berada di ruang oprasi, para asisten dokter mendatangiku untuk minta tanda tangan persetujuan steril.Katanya, istriku yang minta. Aku tahu dengan disteril berarti istriku tidak akan bisa hamil lagi. Dengan berat hati aku tanda tangani persetujuan itu.

    SIngkat cerita, operasi berlangsung lancar. Anakku lahir dengan selamat dengan berat yang mengagetkan: 5,3 kg! Tapi,ada yang membuatku sedih: anakku harus dibawa ke ruang inkubator. Kata para perawat, anakku ada kelainan: tangisnya tidak kencang. Sebelum masuk ruang inkubator anakku diinvus.

    Dunia rasanya kiamat saat itu karena tidak tega melihat anakku ditusuk jarum. Istriku belum tahu kalau bayinya bermasalah karena dia belum siuman.

    AKu hanya bisa memandangi bayiku dari balik jendela. Sebelum magrib, aku pulang untuk mandi. Keponakanku yang gantikan aku jaga.

    Selepas solat magrib tiba-tiba aku menangis. Aku teringat bayiku. Tiba-tiba keponakanku menelepon,”Pak Lik, cepat ke rumah sakit, anakmu tidak bisa bernapas!”

    Badanku tiba-tiba bergetar. Dunia terasa mau kiamat. Sambil berurai air mata aku kebut sepeda motorku sekencang-kencangnya. Gak tahu spedometer menunjuk angka berapa. Yang pasti aku sangat ngebut karena ingin cepat sampai rumah sakit.

    Sampai di RS, aku lihat dokter dan perawat sedang memberikan bantuan pernafasan kepada bayiku dengan sebuah alat. Aku tak tega melihatnya. Aku keluar ruangan sambil berurai air mata. Beberapa menit kemudian, seorang perawat mengabarkan bayiku sudah dipanggil-Nya.

    Dunia terasa seperti kiamat. Apalagi sejak lahir sampai bayiku meninggal, istriku belum tahu seperti apa wajah bayinya. Apa yang harus aku katakan kepada istriku?

    Malam itu, ditemani mertua, saudara-saudara istriku, dan teman-temanku, kubawa jasad anakku pulang. Selain menyiapkan pemakaman, saya dan mertua berunding soal cara memberitahu istriku agar dia tidak syok. Mertuaku pesan agar istriku tidak dikasih tahu dulu. Tunggu biar dia sehat betul. Awalnya aku setuju saja. Namun, seusai solat subuh aku berubah pikiran: sebelum para pelayat datang, aku harus sudah ngasih tahu istriku. Itu karena aku merasa tak kuat menerima beban. Aku juga khawatir, kalau baru kukasih tahu belakangan justru tidak akan baik. Aku tak sanggup berbohong terus-menerus.

    AKhirnya, pagi itu aku ajak mertuaku ke rumah sakit menengok istriku. Sampai di kamar istriku, dia langsung bertanya,”Anak kita bagaimana Pak?”

    “Dia baik-baik saja…” jawabku.

    “Baik bagaimana? Sekarang di mana? Kamu jangan bohong Pak!” desak istriku sambil menangis.

    Akhirnya, aku pun tak bisa menyembunyikan kabar buruk itu. Dua jam lebih aku memberikan pemahaman kepada istriku agar ikhlas dan bersabar.

    Ya, aku meminta istriku ikhlas dan bersabar. Tapi aku sendiri tak bisa ikhlas dan sabar. Sampai sekarang.

    Terkadang aku merasa bersyukur karena sudah dikarunia dua anak. Yang sulung laki-laki, 10 tahun, kelas 4 SD. Adiknya cewek, 6 tahun,baru masuk SD. Aku merasa bersyukur karena masih banyak orang yang belum dikarunia anak meski sudah lama menikah. Namun, aku sedih kalau melihat anak kecil yang kira-kira berumur 2 tahun.

    Ya, kalau anakku hidup pasti sudah 2 tahun dan bisa berlari-lari kecil. Sampai sekarang aku masih sering menangis diam-diam kalau teringat si bungsu. Ia memang tidak bersama kami. Tapi aku merasa dia tetap ada. Makanya, kalau seorang teman bertanya berapa anakku, aku akan selalu bilang: anakku tiga, tapi yang bungsu kami tidak dibolehkan merawat…

    Sampai sekarang aku masih belum siap untuk melihat tiga tempat: 1. tempat praktek dokter kandungan biasa kami konsultasi, 2. rumah sakit tempat istriku melahirkan, 3. ruang tempat si bungsu di rawat.

    Yo, aku orang Jawa yang antipoligami. Aku mencintai istri dan anak-anak. Dengan kondisi istriku gak mungkin bisa hamil lagi aku jadi membenci dokter yang mengoperasi istriku. Kadang juga membenci Tuhan….

  2. Oyos. Aku sedih dengan apa yang menimpa pada dirimu. Aku ikut prihatin. Cuma, ada beberapa hal yang mesti kamu ingat:

    1. Semua itu sudah merupakan takdir. Dokter yang jengkelin, rumah sakit yang nyebelin, hanyalah salah satu faktor yang menyertai terjadinya takdir.

    2. Seorang anak yang meninggal di waktu bayi, sebelum akhil balig, jika bapaknya muslim, di jamin masuk surga.

    3. Anak yang meninggal seperti ini, akan menjadi penolong orang tuanya saat orang tuanya dalam kesulitan di babak baru kehidupan setelah mati nanti.

    4. Yakinlah, Alloh memberi kita yang terbaik. Jangan menyalahkan Tuhan. Kita tidak pernah tahu, mengapa itu terjadi. Alloh sudah menggariskan demikian. Barangkali jika dia hidup dan menjadi besar, malah jadi koruptor yang akan membuat malu bapaknya.

    5. Tetaplah bersyukur, karena masih dikaruniai anak. Kamu dua orang. Aku ini mengimpikan banyak anak, tetapi Alloh baru memberi satu. Dua kali keguguran.

    6. Jangan berprasangka buruk kepada Sang Cipta, karena dialah yang Maha Tahu kemampuan ini memelihara anak. Coba ambil positifnya saja. Banyak yang bisa diambil….

  3. Terima kasih Bung Pracoyo,
    Tulisanmu sungguh jadi obat penenang hati saya yang mengalami musibah yang sama dengan Bung Oyos sekitar 12 hari yang lalu. Sering saya melamun anandaku masih ada di rumah sedang bermain dan belajar, tatkala tersadar dari lamunanku itu hanyalah khayalanku, rasanya sedih sekali … tapi aku yakin Allah lebih sayang sama anakku dan Allah lah pemilik anakku dan aku terus yakinkan hal itu pada diriku sendiri.

  4. Siapapun Anda, terima kasih jika tulisan saya telah memberi spirit. Setidaknya, Anda tidak sendirian. Dan, lebih penting lagi, Alloh sayang kepada Anda juga. Dengan memberi ujian, Alloh akan menganggkat derajat Anda.

  5. Ibu / Bapak…Yth
    Pengalaman Bapak adalah pengalaman saya juga…….
    Tepatnya tgl 28 Ags 2007, anak yg sangat kami kasihi Gina Salma = 10 th…meninggal dunia karena DB…Sungguh musibah tsb, menjadi kondisi yg paling berat dalam hidup kami…bahkan s/d hari ini tgl 22 Jul 2009..belum dapat mengurangi kunjungan kami ke makamnya…….Sulit rasanya bagi kami utk menghapus kenangan pahit…dan entah sampai kapan….
    Kami sadar…kami bukan orang suci…..Selamat jalan anakku…Maafkan kami nak…
    Ibu dan Bapak yg budiman….Mohon doanya agar kami tabah & kuat menghadapi musibah ini…
    ————
    Andi 022-70775575 – 4522828

  6. Pak Andi, saya ikut prihatin atas peristiwa yang menimpa Anda. Mudah-mudahan, Anda bisa segera mengihlaskan kepergian ananda. Dia akan menjadi salah satu penolong nanti di kehidupan yang abadi…

  7. Terimakasih Pak Pracoyo……..Sungguh sentuhan kasih Bapak….menyejukan hati kami sekeluarga…
    Semoga saya, istri dan anak kami Fajar Nurhidayat (kakaknya Gina Salma) selalu tabah / kuat menghadapi cobaan yg maha berat ini…
    Tidak terasa kelopak mata kami selalu berair ketika masa sulit (tgl 28 Ags 2007 jam 02.15 Wib), teringat kembali dalam fikiran kami…
    Kalau boleh tahu…bolehkah saya minta no tlp / HP Bapak….?
    Sekali lagi terimakasih…
    ————
    Andi / 022-70775575 – 022-4522828

  8. Assalamualaikum semuanya….
    saya juga baru saja mendapat ujian ini sekitar 3 minngu yang lalu, anak pertama kami laki2 umur 6,5 bulan dipanggil kembali oleh ALLAH……
    anak saya tidak pernah sakit, saat itu dia sakit panas dan diare,minum makan banyak jadi dokter tidak menganggap dehidrasi dan tidak perlu opnam tapi selang 12 kemudian anak saya kejang lalu saya bawa ke RS di sana dia kejang 3x dan akhirnya meninggal……
    saya dan suami ikhlas….dan berusaha bersabar…
    cuma yang berat adalah rasa kangen dan selalu terbayang2 kelucuannya, kesehariannya,tempat2 dimana dia beraktifitas….
    tapi sekarang dia lebih bahagia bersama Sang Maha Memelihara dan Nabi Ibrahim Siti Hajar sebagai pengasuhnya….
    yang kami harapkan kini hanya semoga ALLAH berkenan menitipkan anak kepada kami kembali…..
    dibandingkan rejeki dan karunia yang telah saya dapat dari bayi hingga saya menikah, ujian ini mungkin tidak berarti apa2….
    dan saya masih bisa mengucap Alhamdulillah wa syukurillah…..

    Wassalam

    Upie (face book palupiprabandari)

  9. Assalamualaikum semuanya

    Dua minggu lalu tepatnya 26 juli 2009 saya mengalami musibah yang sungguh besar. Putra pertama kami yang baru berusia 7 bulan meninggal dunia. Di sakit panas. Anehnya panasnya tak kami ketahui. Dia selalu berkeringat padahal ditermo tinggi. Nafsu makannya juga tak berkurang, demikian juga keceriaannya..

    Malam itu pukul 22.22, di RS Hermina Depok dia menghembuskan nafas terakhirnya. Bayangkan betapa gundah dan dukanya hati ini. Anak yang sudah lama kami nantikan telah pergi. Sampai saat ini duka masih menyelimuti hatiku.Bagaimana tidak, anakku begitu lucu, sehat, gemuk dan menggemaskan.

    Untulah suamiku mampu terus membesarkan hatiku. Dia selalu menasehatiku untuk sabar dan tawakal menghadapi ujianNya. Muhammad Akhtar, adalah anak kami yang sesungguhnya hanya dititipkan sementara saja.

    saya tetap berusaha kuat menjalani hidup ini. Semoga kalau Allah berkenan dia akan memberikan gantinya..

    Amin..

  10. Ass Wr.Wb.sy br aj kehilangan anak yg sgt sy cintai 17juli 2008,anak sy sgt lucu,dia penyemangat hidup sy,sy pikir sy ibu yg sgt bahagia didunia dgn kehadiran anak sy krn 3th sy mendambakan anak br dikasih th kmrn.tp sy hrs menerima kenyataan pahit anak sy meninggalkan sy didepan mata sy sendiri.hanya karena sakit panas&diare.yg membuat sy menyesal blm byk yg sy berikan ke anak sy apalagi dia blm prnh ktmu bapaknya krn sibuk,dia baru 8bln 17hr,sy sgt terpukul.apapun nasihat yg msk blm bs menenangkn hati sy.

  11. terima kasih atas atensi teman-temann semunya. Mudah-mudahan Alloh memberikan kesabaran atas musibah yang menimpa. Sekedar kabar, tulisan ini termuat dalam Buku HIKMAH SABAR…. penerbit Qultum Media. Rp 29.5000….

  12. Assalammualaikum wr wb

    Saya & suami jg baru mendapat ujian, anak pertama kami Muhammad Fatih Abdurrahiim lahir 20 Agustus 2009 (30 Sya’ban) 23.55 kembali ke haribaan-NYA tgl 22 Agustus 2009 (1 Ramadhan).
    Saya & suami ikhlas dengan takdir Allah SWT ini, ini yang terbaik buat anak saya krn sudah bahagia & tenang di sisi-NYA. Kebahagiaan anak saya berarti kebahagiaan utk orgtuanya.
    Saat ini slalu berusaha keras utk tdk meneteskan airmata jika melihat fotonya apalagi saat melihatnya sedang berjuang di Inkubator dgn byk alat2 yg dipasang di tubuhnya. Sedih jika mengingat sbg ibunya tdk mendampinginya saat2 sdg berjuang krn msh pengaruh obat stelah operasi CS.Apalg klo ingat saat mengendong tubuh mungilnya pertama kali & terakhir kali justru saat dedenya sdh pergi.
    Hanya bisa titip salam kangen & pelukan hangat buat anakku lewat doa. Meminta pada-NYA utk membisikkan pd Fatih bahwa ibunya mencintainya sepenuh jiwa krn Allah…selamanya..
    Anakku, Ayah ibu akan bersabar utk perjumpaan kita kelak…..Insya Allah….

    Smoga Allah SWT memberikan kesabaran buat kita smua & tetap Istiqomah….Amiin Amiin Amiin

  13. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Anakku yang ke-Dua juga dipanggil oleh ALLAH 9 hari yang lalu, Mohammad Ilham Namanya, usianya baru 24 Jam, ….. Yaa ALLAH mohon ammpunnnn….. astagfirullahhaladzim…. sedih… marah… merasa bersalah…. takut…. gak tahu harus Gimana…. berusaha IKLAS DAN SABAR….. tapi masih saja sakitnya dihati terasa…….
    YAAA…. KARIM berikanlah petunjukk-Mu kepada hambamu yang berdosa ini…… Ampuni dosa kami ya ALLAH…. Kuatkanlah Kami Ya ALLAH…. semoga ini menjadikan kami lebih BERTAKWA kepada-Mu ya ALLAH…..
    AMINN YA RABBAL ALAMIIN

    salam

  14. Innalillahi wainna ilaihi rojiun,

    Buat semuanya saya turut berduka cita.
    Saya dan istri juga baru saja kehilangan anak kedua kami tercinta Mahsya Aurelia Tifara ( 5 th). Tepatnya hari Minggu kemarin, tgl 8 Nopember 2009 pukul 03.15 WIB di ruang PICU Rs. Kariyadi Semarang setelah 7 hari dirawat disana karena penyakit DBD.

    Memang tidak dapat diungkapkan betapa sedih dan kehilangannya ditinggal buah hati yang sangat kami sayangi. Tetesan air mata tak dapat kami tahan dan kesedihan juga tak dapat kami sembunyikan. Setegar dan sekuat apapun kami, tapi dalam kondisi seperti ini kami benar-benar lemah dan tak berdaya.

    Tapi kami sadar semua itu sudah kehendak Yang Maha Kuasa, meskipun kami berdua kadang merasa bersalah tapi kami tetap yakin bahwa Alloh yang telah mengatur semua ini. Kami telah berihtiar berusaha sekuat dan semampu kami, tapi nyatanya Alloh SWT telah menggariskannya seperti itu. Alloh maha kuasa, anak hanyalah sebuah amanah dari Alloh, sehingga kapapun Alloh menghendaki untuk mengambilnya kita harus rela dan ihlas beskipun itu sangat berat.
    Tidak ada seorangpun yang tau akan rahasia Alloh.

    Kami hanya bisa berdoa semoga anak kami Mahsya Aurelia Tifara selalu dalam lindungan, perhatian, dan kasih sayang Alloh SWT. Semoga diberikan segala kesenangan dan kenikmatan, kebahagiaan dan kegembiraan yang tiada taranya. Diberikan semua yang dia inginkan. Ditempatkan di tempat yang indah dan nyaman dengan berbagai berbagai keindahan dan kenikmatan. Diberikan tempat bermain bagus dengan berbagai mainnya. Dan semoga kami orang tuanya yang ditinggalkan juga selalu dalam lindungan Alloh SWT, di beri kekuatan, kesabaran dan keihlasan dalam menghadapi ujian ini. Insya Alloh bila Alloh SWT mengijinkan kita akan berkumpul kembali bersama-sama di surganya Alloh. Insya Alloh, Amin.

    Mohon doa dari semua pembaca.

  15. aku baru aja kehilangan anak kedua q. puteri tercintaku rajwa althafunisa meninggalkan kami 8 hari setelah ia berjuang di inkubator seorang diri. rasa bersalah selalu menghantui krn selama kehamilan aq terlalu banyak beraktifitas, keegoisan diriku. sampai detik ini aku masih merasa rajwa msh hidup dan dalam masa perawatan di inkubator. maafkan ibu nak..maafkan kebodohan yang ibu lakukan….

  16. Assalamu ‘alaikum wr.wb..
    saya juga baru-baru mengalami cobaan dari Allah SWT pada hari rabu tgl. 17 feb 2010 kemarin… anakku yg tercinta Zahra Fauziyyah yg baru berumur 2,5 tahun meninggalkan kami semua karena sakit DBD setelah sehari dirawat di Rumah Sakit Ibnu Sina Makassar… kami terlambat membawanya ke rumah sakit… sungguh ini adalah cobaan yg teramat berat bagi kami… aku yakin ini adalah ujian dari Allah kepada kami… Selamat jalan anakku tersayang.. Allah lebih menyayangimu daripada orangtuamu ini, nak…
    Kami sekeluarga mohon do’a bapak dan ibu sekalian, agar kami bisa tabah dan sabar dalam menghadapi cobaan dari Allah SWT…

  17. Saya ikut berduka atas meninggalnya Zahra Fauziah… Jika Bapak bersabar dan iklas menerima cobaan ini, Insya Alloh, putri Bapak akan masuk surga, dan akan menjadi penolong orang tuanya kelak di suatu saat yang semua orang membutuhkannya: pertolongan dari ancaman neraka

  18. apa maksud dari kata2 ni??”Sembilan bulan berikutnya, anak mereka lahir, dan diberi nama oleh lelaki pujaan itu Abdullah. Lelaki yang terpuji itu tak lain, Nabi Muhammad Sollalahu Allaihi Wassalam” mohon maaf nabi Muhammad tidak dilahirkan dari umu sulaim dan abu thalhah tapi dari ibunda Siti Fatimah

  19. Yang dimaksud lelaki pujaan adalah Nabi Muhammad Sollalahu Allaihi Wassalam. Jadi, nama “ABdulullah” diberikan oleh Nabi kita kepada anak pasangan Umu Sulaim-Abu Thalhah. Memang kalimatnya agak kurang enak ya. Trim koreksinya

  20. astagfirellaohaladzim….ya allah berilah hamba kekuatan menghadapi ujian dari-Mu….ya allah hamba sudah membayangkan lebaran skrg ini hamba sudah py baby yg lucu ndut….tapi engkau berkehendak lain…bayiku meninggal……….sulit sekali untuk menerima smua ini…tapi allah yg punya segalanya, allah yg punya dede…dede sudah diambil 0leh pemiliknya….titipkan salam kangen dan peluk dari hamba ya allah untuk anakku…aku kangeeeeen sekali….ya allah berilah hamba kekuatan,ketenangan hati…amin

  21. Saya menitihkan air mata membaca kisah atau cerita-cerita diatas, sebulan yang lalu tepatnya tanggal 18 September 2010 anak kami Hakam Mu’ammar Dzaky yang baru berusia 14 bulan lebih telah dipanggil oleh Allah Yang Maha Kuasa…
    Hati ini sampai sekarang sedih tidak tahu harus bagaimana…
    memang kata ikhlas gampang diucapkan karena segala sesuatu yang terjadi didunia ini adalah atas kehendak olehNya tapi mau bagaimana kalo kita ingat kelucuannya yang sudah mulai lincah lari… apa daya tidak ada yang bisa menghalangi yang sudah menjadi takdir ilahi…

    Hanya do’a yang saya panjatkan selalu buatmu anakku AMMAR semoga engkau mendapatkan tempatnyang indah dan bahagia selalu disisi Allah SWT …Amin… yaaaa rabbal alamin…

    Mama merindukanmu anakku… mama rindu banget… mama sayang… sama ammar tapi sayang mama tidak ada artinya dibandingkan sayangNya Allah Anakku… doaku menyertaimu anakku… sampai jumpa di sorga Anak Ammarku….

  22. Kayana chanda kinantan haya putri.putri kecilku yg berusia 19 bulan telah berpulang pada Allah SWT..pada 04 maret201o.rasanya semuanya begitu cepat terjadi…hanya doa & kepasrahan yang telah menguatkan kami, ayah & mamanya.,tidak ada gunanya melawan tkdir karena hanya keikhlasan yang mampu menenangkan jiwa..Dan sungguh Allah maha penyayang pada hambaNYA..selang 1 bulan kepergiannya dengan iringan doa di sepertiga akhir malam Allah kembali menitipkan amanahnya pada kami.Kini kami sedang menunggu kehadiran buah hati kami yang kedua yang insya Allah akan lahir buln depan ( desember 2010 ),percayalah pada Allah…serahkan semuanya padaNYA….Allah selalu bersama kita…mohon doa agar persalinan saya nanti lncar & bayi kecil kami terlahir selamat, sehat & sempurna lahir batin. amin ya robbal alamin

  23. Smg kita selalu diberi kekuatan dan keikhlasan olehNYA dengan ketetapan yg diberikan kpd kita sebagai orang-orang pilihanNYA.
    YA’ MUHAMMAD OELIL ABRAB NUR AZMI lahir 22 Februari 2007 hanya diberi wkt krg lbh 3 th utk merasakan kasih sayang ayah bundanya.
    Azmi panggilan sayang kami padanya menghembuskan nafas terakhir di dekapanku tanggal 04 Mei 2010 krn sakit.
    Ikhtiar utk kesembuhan anakku telah kami usahakn tp ternyata ALLAH lbh berkuasa atas apa yg menjadi haknya.
    Tak dpt diungkapkn bagaimana kesedihan kami, bunda,ayah,abang, nenek,datok & org2 yg sangat menyayangi & mengasihinya.
    Tapi semuanya saya pasrahkan kpd ALLAH, saya berusaha utk dpt ikhlas & berserah diri kepadaNYA.
    Saya yakin & percaya dibalik ujian ini pasti ada hikmah yg dpt kami ambil & InsyaALLAH ada rencana yg terindah & terbaik utk keluarga kami.
    ALLAH Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang kpd umatNYA yg selalu bersabar,Alhamdulillah dg iringan do’a disetiap shalatku & disetiap sepertiga akhir malam ALLAH memberikan amanahnya kembali kpd kami.
    Mhn do’anya agar saya diberi kemdhan dalam mengandungnya & didalam kelahirannya & bayi kecil kami lahir dg selamat, sehat & sempurna …… Amin Ya Robbal Alamin

    (08125618155)

  24. Menangis sy membaca kisah saudara saudara sekalian..sama apa sy rasakan makin lama makin ingat trus…Anak kedua kami M Sultan Rafli meninggal pd umur 8 thn. krn Db tgl 5 Feb 2010…sempat berpikir knp Allah mengambil anakku yg kelihatan aktif n cerdas..di antara anakku lainny…lebih perhatian ama orang tua serta kakek nenekny…Orang2 bilang krn rafli mirip ayahnya jd mengalah di ambil duluan..memang mirip tp sy tdk percaya itu…saya pikir suami sy tegar dlm menghadapi cobaan ini..ternyata..lebih sedih..dia selalu menangis krn waktu lahir rafli dia tdk ada di sisiny sekarang rafli sakit ampe meninggal jg tdk disampingnya..itu yg bikin dia merasa bersalah d karenakan dinas d luar negeri…..Alhamdulillah skrg kami bisa menghadapi cobaan dgn ikhlas…mungkin jg ini adalah teguran buat kami..agar selalu dekat kepada Mu Ya Allah…

  25. Saya baru saja kehilangan anak ,yang saya lahirkan scra caesar,,ia meninggal setelah 3 hari … sayapun tidak pernah melihat wajahnya selama ia hidup…
    Ya Allah,betapa berat ujian ini… ia adalah anak pertama,n cucu pertama yang bnr2 kami nantikan selama ini.
    Membaca semua kisah2 diatas,,dari kalimat pertama hingga terakhir,,saya tdak bisa berhenti menagis..
    6 bulan sudah berlalu dari peristiwa itu..tapi hingga sekarang saya masih sering teringat dengannya…
    meskipun aku sudah merasa telah melakukan yang terbaik untuk anakku,,tapi selalu ada perasaan bersalah yang sangat menyiksa…
    setelah membaca kisah2 diatas,,aku sadar bahwa aku tidak sendiri…Ya Rabbi,,kuatkanlah hati kami semua..Jadikan anak2 kami sebagai penolong kami di akhirat kelak..amin
    trimakasih semua atas sharenya..

  26. Saya seorang ibu yg juga baru saja kehilangan putri ketiga kami, yg saya lahirkan lewat operasi caesar. Anakku lahir tgl 26 Agustus 2011 kmrn, meninggal 26 Agustus 2011, jd hanya 11 jam anakku hidup di dunia.
    Sampai saat ini saya msh sangat sediih, msh sering nangis jika ingat anakku. Ada perasaan bersalah, menyesal, kecewa, marah pd diri sendiri dan dokter sm perawat yg menangani saya. Soalnya saya melahirkan dah lewat bulan, jd setelah lahir anakku nggak bs nangis kencang. Langsung msk inkubator dan diinfus serta dioksigen. Yg juga bikin saya sedih, saya sebagai ibunya tdk dpt mendampingi disaat saat terakhirnya, saat anakku berjuang utk hidup. Krn badan saya msh lemah, utk bangun aja nggak bisa. Bahkan saya tdk dpt menyaksikan waktu anak saya dikubur. Ya Allah, begitu berat cobaan ini. Wajah dan suara tangisan anakku msh terngiang2. Putri kecilku yg cantik, Razita Tsuraya Zahirah Hanjaya…..
    doakan mama sama papa agar kuat, ikhlas dan tabah melepas kepergianmu …agar kelak kita bertemu di surganya Allah, Amin. Tunggu dan jemput mama papa di surga ya, nak….
    Ya Allah, sampaikan rasa kangen ini pada putriku. Maafkan mama sama papa jika sewaktu bersama kami tdk dpt memberikan yg terbaik utkmu, anakku. Doa kami selalu menyertaimu anakku……
    Terima kasih buat semua atas sharenya……

  27. Tgl 31-12-2011,malam menjelang pergantian th bru 2012,tepatnya sekitar pukul 23.00 malam saya mendapat sms dr istri kalo air ketuban nya pecah.Kebetulan saya tgl di jakarta dan istri dikampung cilacap.Saya kaget bkn kpalang krn setahu saya kandungan istri baru 8bln lewat brp mgguan lah.Saya langsung britahu kluarga disana tuk bwa ke rmh bidan trdekat.Ternyata saya dpt kbr kalo bidan tak sanggup dan merujuk ke rmh sakit.Akhirnya istri saya dbwa ke rmh skit dikota cilacap.Saya dan keluarga tak henti2nya berdoa dan dzikir.Kebetulan kakak laki istri sya ikut mendampingi.Saya tak henti2nya komunikasi lwat sms dgn kakaknya.Singkat crita istri saya sudah msuk rmh skit dan ditangani dokter.Saya lega,tp jam 4 dini hari saya udah ga dpt bls an sms dr kakaknya.Saya jdi bngung dan khawatir.Sampe pgi hri disaat saya memutuskan untuk pulang ke cilacap sya blum tau keadaan bayi dan istri sya.Sampe akhirnya wktu dterminal sya dpt kbr kalo anak saya lahir laki.Alangkah gembira dan bahagia nya sya.Tp krn sya tdk dpt bus akhirnya sya tunda kbrangkatan sore.Yang saya heran keluarga dirmh raut mukanya masam kyak orang sedih.Akhirnya sya brangkat sore dgn perasaan bahagia.Sampe dikampung jam 4 pgi,dan dijemput kakak ipar sampe rmh.Sampe rmh dibkin teh mnis dan gorengan.Reaksi mereka tidak mencurigakan biasa aja sampe pada akhirnya smbil ngobrol2 santai kakak saya itu memberitahukan keadaan istri baek2 saja tp bayi yg dilahirkan tdk bs diselamatkan dan meninggal stelah lahir.Dunia trasa gelap sya kaget dan langsung menangis.Trnyata pgi hri itu byi udah tiada cm keluarga di jkt tdk mau memberitahukan sya dulu,jd dlm perjalanan yg diliputi kebahagiaan anak sya telah tiada.Pantes setiap sya sms gmn kbrnya,psti pada menjawab istri baek2 aj,tp tiap kali sya tnya keadaan bayinya ga ada yg mau jwab.Akhirny sya diantar krmh skit tmpt istri dirawat dan bgitu ktemu sya dia langsung menangis dan terpukul.Akhirnya sya bs trima dan ikhlas keaadaan ini walaupun berat pertamanya.SMOGA KAMI CEPAT DIBERIKAN KETURUNAN LAGI.KARENA ADA MAKSUD DAN HIKMAH DARI ALLAH SWT AGAR KAMI SELALU MENDEKATKAN DIRI PADA NYA.WALAUPUN SAYA TIDAK BISA LIHAT ANAK SAYA LANGSUNG TAPI SAYA AKAN SELALU MENCINTAI NYA SAMPE KAPAN PUN.

  28. Harus berkata apa lagi membaca tulisan saudara-saudaraku semua yang sama – sama mendapat Ujian yang menurut kita sangatlah berat hanya air mata yang meleleh dan dada yang sesak karena aku juga merasakan ujian yang sama … 20 Desember 2011 di usia kehamilan 32 minggu aku harus melahirkan secara caesar karena ada indikasi perobekan rahim dan plasenta mau lepas…anehnya aku merasakan sakit sejak jumat 16 desember 2011 dan masuk RS serta periksa lewat USG tidak ditemukan adanya perdarahan dan robek rahim pada diriku. baru terdeteksi selasa 20 Desember 2011 dan terlihat jelas beberapa menit menjelang operasi melalui USG 3D, semua dokter, perawat sangat heran dengan kasusku, bahkan saat opersai beelangsung dokter kandunganku tidak percaya dengan yang dilihatnya karena belum pernah menjumpai kasus seperti diriku karena aku tidak habis jatuh,perutku tidak membentur apapun dan selama mengandung 4 dokter kandungan mengatakan kehamilanku bagus semua baik janin aktif dan sangat mungkin lahir normal.Mengapa sampai 4 dokter karena aku menantinya sangat lama 5 tahun aku mengarapkan kehamilan dan cukup 2 hari Alloh menitipkan padaku karena 22 Desember 2011 Bidadari cantikku diminta_nya kembali..Untuk pertama dan terakhir kudekap dan kucium dia sudah dalam keadaan meninggal. Tiap kulihat fotonya yang berjuang di inkubator air mataku selalu meleleh… Kini aku diminta dokterku untuk bersabar lagi selama 2 tahun sebelum hamil kembali… Ya Alloh beri kesabaran, ketabahan, dan kekuatan kepada kami dan semua orang tua yang kau pilih untuk menjalani ujian-Mu ini,berikanlah kami ganti yang lebih baik dari apa yang sudah Engkau ambil.. Kinanthi Fairuz Putri Haryadi sampai kapanpun engkau takkan tergantikan di hati kami, engkaulah permata hati kami, bidadari cantik kami, perjuanganmu sangat membanggakan kami. Tunggu Umi dan Abi di surga Nak… amin

    FB: Niken Puspitasari

  29. saya seorang ibu 23th.. 2bulan lalu 15 nov 2011 saya baru saja melahirkan putri pertama kami secara normal di usianya 31 minggu… n anak kami telah wafat sebelum sempat dilahirkan …. karena tali pusarnya terpelintir.jadi tidak ada asupan makanan /oksigen.. campur aduk perasaan sedihku… tapi aku percaya putriku lebih bahagia di surga… n berbahagialah kedua-orang tuanya bisa menjadi ibu dari bocah penghuni surga….

  30. Sesungguhnya bila seorang ibu mendapatkan kematian anaknya, lalu ia mengucapkan hamdalah dan istirja, maka Allah akan membangunkan Baitul-Hamd baginyadi surga” (HR: Tirmidzi dan Ahmad)

    Subhanallah…masya allah…betapa Allah sayang padaku. Aku belum lagi berbuat kebaikan yang banyak, tapi Allah menganugrahkan padaku janji yang pasti, SURGA…siapa yang tak hendak menuju dan mendiaminya?

    Aku bangkit dari dukaku, kuhapus airmataku dan kutekadkan buat menghadapi hari-hari ke depan yang kutahu masih teramat panjang. Allah telah mengambil putriku, tapi digantikan dengan surga untukku. Ya Rahman…betapa maha kasih Engkau…telah kau siapkan surga untukku, dan telah kau siapkan putriku untuk menjemputku di pintu surgamu…maka adalah tugasku membuka pintu surgamu dengan perbuatan baik yang akan memberiku kemudahan-kemudahan untuk menujunya
    ym : ika_mwa@yahoo.co.id

  31. Innalillahi wa innaillahi rojiun
    Laa hawla wala quwata illa billah

    Kehilangan buah hati yang ditunggu2 tentulah sangat menyedihkan terkadang menyesakkan dada. Membaca semua cerita diatas mengingatkan hal yang serupa yang saya alami. Saat menulis ini saya sedang sangat merindukan anak laki-laki kami SULTHAN ZHAFIR ADITYA SANTOSO di usianya 2,5 tahun di bulan Ramadhan 14, 2011 Allah mengambil kembali yang memang milikNya.

    Buah hati yang kami tunggu hampir 5 tahun, Alhamdulillah kami masih dikasih kesempatan untuk membimbing, mendidik dan membesarkannya walau hanya sebentar. Tapi yakinlah wahai saudaraku, bahwa ini adalah ujian keimanan kita terhadap ALLAH. Insya Allah semua anak2 kita yang telah mendahului kita menjadi syafaat bagi kedua orangtuanya, dan mereka dikumpulkan bersama orang2 sholeh dipelihara oleh Nabi Ibrahim serta dilimpahkan rahmatNya dijauhkan dari neraka jahim.Amin

    Tetap terus berdoa agar diberi kesabaran serta terus belajar ikhlas dan Insya Allah segera diberi pengganti yang lebih baik dimata Allah dan Allah memberi pahala buat kita semua. Amiin

    Mommy love Sulthan
    @csulistya

  32. Innalillahi wa innaillahi rojiun

    4 MARET 2012 pkl. 16.01 wib adalah hari yang memberatkan buat saya, dokter Rumah Sakit menyatakan anak pertamaku Yunita Puspitasari (14 thn) telah meninggal dunia…disaat ibunya serta adiknya (6 thn) dirawat di Rumah Sakit yang sama, semuanya terkena db….

    Tidak pernah sekalipun terbersit di kepala ini akan kehilangan anak yang sangat kami sayangi, dunia terasa gelap, badan merinding, emosi meluap, tangis tak tertahankan, hidup seakan tak berarti, tak berdaya berkali-kali saya pingsan, sampai akhirnya kakak-kakak iparku menyadarkan saya, kalau Allah sangat sayang kepada Yunita, kelak anakku akan menjemput dan membuka-kan pintu surga buat kami..Amin Ya Allah…

    Bingung…..mengingat saya kehilangan anak, disatu sisi bagaimana memberitahukan kepada ibunya? namun Allah telah memberinya ketabahan buat istriku…dia tahu kalau anak pertamanya sudah meninggal dari keponakannya…padahal sy ingin sekali memberitahunya langsung dari saya…dan dengan memaksa kami meminta ijin pulang kepada dokter yang merawat istriku untuk menghadiri pemakaman anakku…semula dokter tidak mengijinkan mengingat kondisi istriku sangat lemah sekali, namun akhirnya kami di ijinkan pulang untuk melaksanakan pemakaman anakku, sementara si kecil dijaga oleh bibinya..

    Sampai saat ini perasaan rindu sangat mendera disaat kami melihat foto-fotonya, baju seragam sekolah, seragam pengajian, sepeda dan semua barang-barang miliknya, namun kami sadar bahwa itulah yang terbaik buat anakku…..karena itu adalah kehendak-Nya…anakku adalah titipan-Nya dan kami harus merelakannya di saat Allah mengambilnya, hingga kami harus pasrah, sabar, tabah dan tawakal, dan kami yakin Allah pasti memberikan yang terbaik buat kami….

    Alhamdulillah istri dan anak keduaku sekarang sudah sehat walafiat , dan mereka sudah sangat kuat dan tabah….

    Ya Allah kami memohon…tempatkanlah anakku Yunita Puspitasari di tempat yang paling mulia di sisi-MU dan berilah kami kekuatan serta ketabahan dalam menghadapi ujian yang Engkau berikan…..Amin.

  33. apa yang anda rasakan akupun merasakan anakku m.fauzan el fakhri lahir tgl 26 nov 2011 dan meninggal tgl 26 maret 2012 sungguh hati bunda hancur tapi aku bunda harus ikhlas sayang, bayi mungilku bunda sayang bgt bunda buktikan melalui doa setiap habis sholat,bunda slalu ti2p salam buat kamu sayang.bayi mungilku ahli surgaku kau slalu hidup dihati bunda,bunda kangenn sayanggg kangenn, ya allah berilah kekuatan pd kami dan berilah penganti yang lebih baik (amin)

  34. adakah kata2 yang menyejukan hatiku sampai saat ini aku sering menangis jika ku ingat bayi mungilku fakhri kecilku sibuletku si gantengku yang manis skali senyummu tak bisa bunda lupakan nak…

    02128830526

  35. Assalamu’alaikum,,,,,pak anonymous, bukan siti fatimah tapi siti aminah ibunda dari Nabi kita Muhammad ,siti fatimah adalah putri Nabi Muhammad,,,,,,sunguh suatu yang sangat mnyedihkan bila kita di tnggal kan orang yg kta cintai , tapi semua itu sudah mnjadi kehendak Nya, kita hanya mampu bedoa dan berharap agar kita di beri ketabahan dan bagi yang blom dpat momongan kembali akan mendapat nya ,,,,,Allah lebih mngetahui apa yang terbaik bagi hamba nya,,,,,,,maka berprasangka baik lah selalu kepda Allah,,,,,,yang semangat semua all,,,,,ingat lah dunia ini hanya titipan kelak kita semua pasti akan kesana jua,,,,, SEMANGAT,,,,

  36. ternyta banyak saudra2 q dluar sna yg mmliki ksah yg sma dngan q,,,di thun pertma pernkhan kmi,kmi di karuniai ank yg sangat cantik,,yg kmi bri nama RAUDATUL FARIHAH yg shri2x kmi pnggil FIRA dy lhir pda tnggal 14 april 2012,,hri2 kmi lalui dngan pnuh kbhgiaan hingga smpai suatu hr tptx tgl 8 april 2012 pkul 07.30 allah mengambil kmbli titipanx,,,sdih yg trmat dlam yg q rasakn saat tu,,,,rsa tdk percya bhwa ank q tercnta tlh tiada membuatq bersikeras menggendongx ktika dy sdh menjdi mayat….tp ktika dy diam membisu dlm plukan n gendongan q q bru tersdar bhwa ank q tlah bnr2 kmbli ke pngkuan sang maha pembri hidup,,,,q sdih n mrah pda dri sndri knpa q tdk lngsung mmbwa putri kcil q krmh skit saat tu yaah inilah jaln dy meniggalkn q,jlan yg memng sdh dtentukan allah buat q n ankq,,hanya doa yg tk pernh ptus yg bsa bunda krim bwat mu nak,,rga bleh terpisah tp dhti bunda kmu ttp n akan slalu hdup nak,,yya allah berilah ank hamba tempat yg pling baek dsurgamu…I MISS U FOREVER MY BABY…. TUNGGU AYAH N BUNDA DISURGA YA NAK,,,

  37. Saya adalah salah satu orang tua yg memiliki cerita hidup yg sama..jalan hidup yg sama spt cerita tsb, dan takdir yg sama. Sy seorang ibu yg ditinggal anak sy meninggal karena sakit diare, dia berusia 15 bulan 4 hari..tgl 1 jan 12 kmrn dia telah diambil oleh Allah SWT..dia anak pertama sy, dan kebetulan laki2 yg sangatlah ganteng, lucu, dan sholeh..sy seorang dokter, dengan logika ilmu kedokteran memang sy akui, salah dalam tindakan, tp sy hanya berserah diri, semua sy ikhlaskan kepada pencipta. Semua terjadi pasti atas kehendaknya. Memang sedih dan perih begitu dahsyat, bahkan sy rasa bagaikan siksaan unt sy selama didunia ini. Tp ini smua adalah takdir dr Allah, kita tdk bisa melawannya, kita hanya bs berserah diri, dan akan selalu kembali ke jalanNya. Insyaallah akan menjadi orang yg selalu dalam jalanNya dan tuntunanNya. Semoga menjadi org yg mukmin dan beriman, agar kami dapat bersatu kembali di alam kekal kita di Surga nanti. Aminnn. Kita harus bangkit, boleh kita bersedih, tapi jangan berlarut, ingat, anak kita selamanya hidup di jantung dan nafas kita, jd tunjukkan bahwa kita mampu membuat anak kita bangga dan bahagia. Terus kirimkan amalan dan doa2 agar dia mendapatkan tempat yg Mulia disisi Allah..aminnnn

  38. anak saya 5bulan kurang seminggu meninggal dunia ,diagnose trakhir paru”…
    ttapi sya tdk trima ank sya di blng sperti itu, karena sbelum di opname anak sya sbenarnya dalam keadaan sehat dan baik” saja , hanya saja dari lahir sya mengeluhkan ke dokter setiap anak sya bernafas , nafasnya bunyi , dan itu dikarenakan hanya ada lendir yang menumpuk + sdkit batuk. Disarankan doktr untuk nebu slama 5x ttpi blum brhasil, dan sya mmeriksakan lagi k RS langsng dsruh opname, di infus dan diberi oksigen. Saya kasihan melihatnya ksakitan saat sy bwa k RS, 2jam kemudian infusan pertma sdh habis, sya kaget knpa cpat habiis ???? dmna perawat nya , knpa tdk memeriksa, knpa memberikan infusan trlalu banyak . Malamnya badan ank sya jadi bengkak , genduuudd dan sngat susah untk bernafas. 3 hari di ruangan dan akhirnya di hari k_4 ank sya d ICU. Banyak skali selang” d tubuh ank saya , dari pagi menangiis merintih kesakitan, dan akhirnya tepat jam 11 malam ank sya menghembuskan nafas trakhirnya. Saya sangat sediiihh , berteriiaakk , ingin marah tapi tak tau marah kepada siapaa, sya sangatt menyesal tlah mmbawa nya k RS. Saya sngat benci dgan RS itu dan dokter yang sya sngat percya menangani ank saya. Untuk pelajaran sya lain kali sya tdk ingin spenuhnya percya dgan dokter dan apabila suatu saat sya dii ijinkan untuk mngandung lagi sya akan pergi ke RS yang hnya untk ibu dan anak atau ke bidan sja. Saya berharap sya mngandung ank kembar….🙂 amiiinnn.

  39. Setelah 8 tahun pernikahan kami, tgl 20 Juni 2008, Allah karuniai seorang anak laki-laki sehat yang montok, tampan dan sangat santun.Kami beri nama Muhammad Riezky Javier Hendarnan. Kami harapkan kelak akan menemani kami di masa tua, dan mendoakan ketika kami sudah tak ada. Hidup kami menjadi sangat indah dan nyaris sempurna. Kiky menjadi bintang di hati kami dan di hati siapapun yang mengenalnya. Kesabarannya, sopan, penurut, lucu dan segala hal tentang dirinya mewakili sebuah karekter anak yang sangat dewasa dan sangat tidak merepotkan. Dan ketika secara tiba-tiba Allah mengambilnya di usia 5 tahun 2 bulan, pada 25 Agustus 2013 lalu, dunia kami seakan runtuh. Hidup menjadi sepi dan seolah kehilangan arah. Kami tlah ikhlas, tapi tak sedetikpun kami berhenti rindu meski sudah 6 bulan berlalu. Wajahnya, tingkahnya,kelucuan dan kesabarannya benar2 tak pernah bisa kami lupakan…..Ampuni ya Allah…… jika aku selalu berharap melahirkan dia kembali lewat rahimku……………..

  40. saya seorang ibu yg baru khilangan anak baru 6 hari anak saya meninggal….
    saya mnunggu khadiran ank saya 3 tahun lebih..tpi knp bgt cpt allah swt mngambil anak saya 16 bulan saya d beri kan wktu….
    sesak dada ni ingin marah mau marah sm siapa saya brsaha ikhlas….
    tunggu mamah dan ayah d pintu surga nak

  41. bu….sabar ya….saya mengalami hal yang sama dengan ibu, anak saya yang paling besar (perempuan) meninggal diusia 14 thn karena dbd…(2 thn yg lalu), teriakan hati saya juga pernah saya tulis disini bu…bulan Maret 2012.

    yang ibu rasakan, saya pernah merasakannya, namun kita sebagai manusia yang beriman harus mempunyai keyakinan bahwa semua memang sudah diatur oleh Allah SWT, kita juga akan mengalami hal serupa, itu pasti dan itu janji Allah.

    Allah memberikan kita ujian karena Allah sayang sama kita, Allah sayang sama anak-anak kita, dan kita harus bisa menerimanya, banyak hikmah yang saya rasakan atas ujian dari Allah, bersabarlah bu….Allah selalu memberikan yang terbaik untuk kita.

    untuk itu mari kita bersabar dan berdoa, semoga kelak anak-anak yang telah mendahului dapat menjadi penolong kita, serta akan menjemput kita dan orang-orang yang kita cintai serta kita sayangi dan dapat berkumpul kembali bersama kita dalam keridhoan-NYA…amin…

    Bersabarlah bu….Allah sayang sama kita…Allah sayang sama anak kita…

  42. ia anak saya akn mnunggu ma2h dan ayah’y d surga….
    sesak sekali dada ni….
    rindu sekali….
    syifa malaikat ku….
    belahan jiwa ku…
    bidadari ku…..
    serasa dunia kiamat ketika syifa tiada….
    peluk dan cium tuk mu syifa nurhasanah….

  43. Memang terkadang merasa berat ketika mata ini terbuka&menyadari bahwa buah hati yg 9bulan dkandung&dinanti diambil oleh Allah..itupun saya alami sendiri.3 oktober 2014 lalu saya melahirkan putri cantik yang kami beri nama Balqis Taqiyya El Hazima dgn berat 2,7kg&panjang 48cm.Saya melahirkan diusia kehamilan 38 minggu dgn dipacu karna kondisi bayi sudah g bernyawa..selama kehamilan saya rutin periksa bidan&dokter.usg 4dimensi jg diusia kehamilan 7bln untuk memastikan semuanya baik2 saja.pd tanggal 29 oktober saya kontrol rutin di rumah sakit ternama di kota saya.dokter yg menanganinya pun bs dikatakan dokter ternama dikota saya pd saat itu kondisi saya&bayi dalam kandungan saya baik baik saja,sehat,jg sudah masuk jalan lahir..pd tanggal 2 oktober saya merasakan pinggang seperti ditarik malamnya saya ditemani mertua saya kontrol dokter di klinik prakteknya saya menceritakan keluhan saya namun dokter berkata bahwa itu hanya kontraksi palsu.sayapun pulang mlmnya saya tidur seperti biasa.besoknya saya merasakan makin g enak,akhirnya saya putuskan pagi2 tlp dokter dan dokter menyarankan untuk k igd cek detak jantung janin..pagi itu saya lgsg mendapat penanganan di igd tp detak jantung g jg ditemukan,di usg pun sdh g ada detak jantungnya.janin saya divonis meninggal.akhirnya jam 12Siang saya dipacu.jam4 sore mulai kontraksi,jam 21:40 lahir dan memang sudah g bernyawa trnyata terlilit talI pusar..sampai saat inipun saya msh perlu waktu untuk pemulihan.secara fisik saya sehat.tp mental saya yg kdg msh down.wlpn saya sudah ikhlas dgn kepergian anak saya yg blm sempat saya gendong..saat ini kami cm bs kirim doa&berharap untuk segera diberi momongan lg sebagai obat hati kami atas kepergian anak pertama kami,cucu pertama dkeluarga org tua saya&mertua..semoga Allah segera memberikan kami keturunan&bs kami rawat sampaii suami&saya menua..amin ya robbal alamin..

  44. Anakku revan dhiaurahman anak keduaku meninggal tanggal 24 oktober 2014 di usia 3.5 tahun kna diare. Tak ª∂a̲̅ yang sakit ∂ɑπ kesedihan yang melebihi rasa kehilangan ΐηΐ. Tapi sebagai orang muslim kita harus percaya qodho ∂ɑπ qodar, bagian ∂αяι rukun iman. اَللّهُ lebih mencintaimu de. Semoga ade evan bahagia dalam asuhan nabi ibrahim , menjadi penolong ayah bunda di yaumil akhir. Kepada seluruh pembaca, doakan sebagai orang tua, kami diberi keikhlasan,kesabaran ∂ɑπ selalu berada di jalan اَللّهُ .

  45. Saya baru saja kehilangan anak laki2 satu2nya, tgl 15 maret 2015, dia berumur 16 th 8 bln, dia tdk sakit, dia hanya mengeluh kram kaki kiri….begitu cepat Allah memanggil dia, jam 9 dia msh bergandengan tangan dgku tp jam 9.30 dia sdh menghadap Allah…sedih hati ini tdk bs diungkapkan…. membayangkan sy sdh tdk bs memeluk dia, mencium dia lg membuat dunia ini spt kiamat….tp sy percaya renc Allah pasti indah….
    Sayangku, cintaku….STEADY FARID ANFASA….mama ikhlas atas km, mama ridho atas kamu, skrg Allah lah yg menjaga kamu, krn Dia adl sebaik baik penjaga, pasti rmhmu disana indah krn km adl anak sholeh, anak yg cerdas bagi mama & papa… Tenanglah disana damailah disana, kelak jika kita berjumpa, mama ingin km menyambut mama dg senyum hangatmu itu….doa mama sll utk kamu sayang….

  46. sangat sulit perjuangan kehilangan orang yang sangat dicintai,.tapi ketegaran ikhwafillah dan akhwatfillah menerima ujian dari Allah SWT,.memotivasi diri ana sendiri,ternyata ana masih jauh dari ikhwafillah dan akhwatfillah semua…

  47. asalamualikum mas pracoyo wiryoutomo, saya mau tanya bagai mana cara anda memberi tau istri anda pertama kali, bahwa anak anda sudah kembali sama yg kuasa, dan apa reaksi istri anda pada saat itu, bagi info ny mas pliss

  48. Ternyata bgtu bnyak yang mengalami hal sma anak sya 0.habibie bru 28 hari meninggal dlm usia 5 thn,,bahkn dia sangat aktif,,tp dia kna penyakit yang dokter pun bingung untuk menjelaskannya,,sy sbgat terpukul krn hnya dia teman sya di rumah,,krn dh lama sya bapaknya pergi meninggalkan kme pd usia anak 6 bln,,skrg sya hanya sendiri tnpa ada dia di sisi,,sya sangat merindukan buah hatiku,,pangeran pemberi semangatku,,

  49. Dari awal membaca tulisan ini sampai kepada komentar terakhir tak henti sy mencucurkan air mata. Ternyata kesedihan ditinggal anak terkasih yg masih balita bukan hanya mendera sy dan keluarga, tetapi banyak sekali teman-teman yang mengalami kejadian serupa.
    Anak ke 5 sy, HADIL ZARKASYI telah dipanggil oleh Penciptanya pada umur 18 bulan, tepatnya tanggal 17 November 2015, pukul 12.10 WIB, karena sakit muntaber mendadak. Perasaan sesal yang tiada henti adalah karena kami tidak merasa maksimal menyelamatkan kondisinya, kami terlambat memberikan pertolongan.
    Anak yang sedang dalam masa lucu-lucunya dengan segala tingkah yang menggemaskan terasa begitu cepat meninggalkan keceriaan keluarga.
    Saat ini baru lepas sekitar 45 hari setelah kepergiannya. Terkadang membersit segala rekam jejak kenangannya, ketika tidur, mandi, makan, berjalan, berlari, menari, menangis, tertawa, merengek, bertengkar dengan kakaknya dan lain sebagainya.. semua tingkah serta perangainya serasa sangat dirindukan untuk diputar ulang kembali.
    Sy dan isteri telah ridha Deyang “Dede Sayang” Hadil pergi, dan ayah ibu telah ikhlas menjalani kehidupan ini tanpa bersama lagi Deyang..
    Deyang telah berbahagia bersama Allah, dalam asuhan Nabiyullah Ibrahim AS dan isterinya Siti Hadjar.
    Semoga ayah ibu dapat lulus memperoleh tiket untuk bisa ketemu Deyang kelak di Surga Allah.. Tiketnya yakni dengan ridha, ikhlas serta iman dan taqwa sampai akhir hayat..
    Salam dari ayah, ibu serta kakak Umar, kakak Sheila, Kakak Usamah dan Kakak Rizky buat Deyang Hadil Zarkasyi tersayang…

  50. Saya juga pernah merasakanya..pd tgl 25 mei 2010 yg lalu putri keduaku almrh arum natasya putri meninggalkan kami selamanya saat berusia 6 thn,karena demam tinggi hanya 2 hari,betapa hancurnya saya wktu itu,kemudian Allah menggantinya dgn kelahiran putri ketiga kami yg saat ini Bermuda 4,5 thn..pd tgl 29 desember 2016 ..Allah mengujiku kembali dgn mengamil putra pertamaku alm.dendy alfa surya..ya Allah…aku gk bs berita apa2 lg…

  51. YaAllah kuatkan lah aQ di saat Q di tinggal anak Q yg bernama Hardimas darmawan, anak pertama Q ,yg engak sakiT,hanya tibah2,11-3-2014,21-2-2016,yg belum yampek 2 tahun,kuatkan lah aQ menjadi ibu yg tegar ,yg kuat,disaat di bericobaan sprti ini,terasa kengeN X,kangeN Q ini gk bisa di ukuR dengan apapuN,Bismilla,anak Surga,mudah-mudahan #@miN

  52. Mungkin sy sm dengan para ortu di atas sy cuma mau menyampaikan pada tgl 9 juni 2012 kami kehilangan putri kecil kami yang berusia 9 bulan dan sedang lucu2nya hanya mutaber 1 hari semalem😢 dan tgl 27 feb 2015 sy harus keguguran janin sy yg sdh berusia 16 minggu…dan kemarin tgl 23 feb 2016 sy harus kehilangan anak pertama saya yg berusia 14 tahun 21 hari…aq yakin Allah sayang pada hamba d anak2hamba….mohon do’anya teman2 smoga sy kuat d tabah menghadapi semua ini…Aamiin

  53. Lahaulawala kuata illah billahil aliyil adhim…., setelah membaca banyak kisah di atas sedih rasanya..tp kekuatan hati datangnya dari Alloh.. 3 bulan yg lalu saya jg kehilangan anak saya M. Binar Ransi P. A.. meninggal tepat di usia 8 th 5 hari pada 2 jan 2016 kt dokter semula hanya radang tgrkan, tp semua rahasia dan kehendak Alloh.. … sampai hari ini kenangan2 bersama binar selalu membuatku melamun.. di a gemuk, lucu, paling suka berbagi dg teman2nya.. tp Alhandullillah, saya masih di beri Amanah sama Alloh dg 2 anak yg insyaallah menjd anak soleh dan soleha… semoga kita kelak berkumpul bersama2 di surga NYA. .aamiin

  54. Rika
    Subhanallah ,,aku juga mengalaminya ank pertama ku,cucu pertama dr orang tua dan mertua,aku melahirkan secara normal,tapi tak ku duga anak ku sudah tak bernyawa dlm kandungn bidan yang menangani aku juga tak tahu,aku melahirkan putri yang cantik,siti nurjanah ,,walau rasa ,kecwa,marah,sedih campur aduk rasanya,,tapi aku.sadar semua yang bernyawa akan kembali ke pda-Nya. Insya allah kita kan bertmu di surga allah aminnnn

  55. Aku juga mengalminya semoga alloh sgera menggantikan yang lebih baik lagi aminnn ,minta share dong siapa pun yg prnah mengalaminya pin bb 5b332251

  56. Assalamualaikum wr.wb.q & suamiq br beberapa hari lalu d tingglkan ama anak pertamaq alm ahmad rafiiandra syahputra bin hepan syahputra usia hampir 3 thun,tgl 10 mei 2016 sudah d panggil mahakuasa,serasa tulang rontok semua,hidup ni terasa sulit untuk q hadapi,tp mw tdak mw q hrus iklas & sabar menghadapin ujiannya.q slalu menangis jika keingat dia,y allah tempatkanlah alm anakq d syurga terindahMu

  57. kisah ku sama seperti yang ibu ibu alami.umi abi kakak ela syg sama ADIB.lov yu ADIB AHMAD. umi kangen.

  58. Inalillahi wainalillahi rojiun,”haidar fahmi arsyad”4thn 3bln,telah kembali kerahmatuallah”rabu 25 may 2016″karna dbd,sampai detik ini pun kesedihan selalu datang,doa mamah selalu ada untuk dede,tungu mamah sama ayah d pintu surga y de.mamah kangen dede.

  59. Y kesedihan d tinggal mati anak g akan pernah berakhir,saya juga merasakan y anak pertama saya telah d panggil sama pemilik y”haidar fahmi arsyad 4 thn 3 bln”pd rabu 25- may- 2016″karna DBD.semoga allah meridhoi dn memberi pahala pd kami ortu y yg d tinggalkan.amin,”de tunggu dn jemput mamah sama ayah d pintu surga y”mamah akan selalu merindukan dede,yg tenang disana y de.

  60. Ea allah begitu bnyakkah dosa2 yg hamba perbuat sehingga engkau telah mengambil ke dua anaku yg pertma masi dlm kandungan berusia 7 minggu dan yg sekarg berusia 19 bulan yg lg lucu2nya.
    Anak meninggal pd hari rabo tgl 14-9-2016 ,
    Ea allah berat rasanya dgn ujian yg engkau berikan pdaku dan suamiku.
    Hatiku terasa di sayat2 sembilu yg amat tjam ketika aq mendngar anakku masuk RS karna demam tinggi dia kejang2,3mlm di RS ICU anakku gk ketolong anaku sudah di ambil oleh yg mha kuasa. Aq ambruk seketika itu aq gk kuat seakan aq tk percya. Ea allah jika saja aq tau kau merencanakan dmikan aq tk akan pergi jdi tkw. Skrg tidak ada lg penyemangatku aq di negri org harus kehilangan buah hatiku aq merasa menyesal teramat dalam. Allah telah mengambil kembali yg ke dua kalinya apa yg di titipkan pda kami dgn mengambil kembli buah hati kepangkuanmu.
    Ea allah ikhlaskan lh kami kuatkan kami kami, aq berharap aq disni yg lg ada di negri org bisa tegar dan tabah begitu jg suamiku yg di indo Semoga dgn semua ini aq bs melewati kesedihan kami.
    Anakku Alfian akhdan azizan mimi dan papah sangat sayang pda nanang ian tp allah swt lebih sayang lg pdamu syg. Berbahagialah nak kau di dlm surgamu.tunggu mimi dan papah di akhirat kelak jemput mimi dan papah di pintu surga.
    Ea allah jadikan lah kami org2 yg tabah smga dgn pergi nya anak kami akan memblas dgn kebaikan dan memberikan nya lg buah hati yg lebih bnyak lg amien ya allah.

  61. Cerita bpk ibu sama seperti saya 28 9 2016 saya ditinggal anak yg bernama m fadillah menghadap allah anak satu satunya yg tlh berumur 10 thn 7 bln walau berat rasanya bapak belajar ikhlas nak meskipun sudah berjalan 2 thn 2 bln bapak tetap menyayangimu semoga allah menjagamu

Tinggalkan Balasan

